No icon

Teknologi

Langkah Pertama Menyelamatkan Laptop yang Terendam Air

Poros.news - Akhir-akhir ini, wilayah Nusantara sedang diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi. Keadaan ini sebenarnya menjadi kekhawatiran sebagaian orang yang memiliki perangkat elektronik di rumah salah satunya laptop. 

Terendam air dalam kuantitas besar tentu akan menyebabkan kerusakan pada komponen internal komputer. Terkadang kerusakan ini mengharuskan pemilik komputer untuk mengikhlaskan perangkat komputasi tersebut.

Namun, sebelum menyerah, mungkin langkah ini dapat sedikit membantu pemilik dalam mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh air.

1. Matikan laptop, atau jika dalam kondisi mati, jangan nyalakan laptop, dan segera lepaskan charger dari laptop dan soket listrik.

2. Keringkan laptop dengan kain penyerap air di seluruh bodi laptop.

3. Balikkan posisi laptop serta lepas baterai dan hardware lainnya jika memungkinkan.

4. Tepuk bagian bawah laptop yang telah berada di tas secara perlahan.

5. Letakkan laptop dengan bukaan maksimal dan posisi terbalik di atas handuk di permukaan datar di area kering, hangat dan tidak banyak gangguan selama beberapa hari.

6. Keringkan komponen internal basah yang telah dilepaskan hingga kering.

7. Keringkan seluruh bagian laptop dari sisa air hingga benar-benar kering

Langkah berikut dapat  dilakukan sebagai pertolongan pertama jika laptop terendam air. Namun untuk lebih yakin menyoal teknis, pemilik bisa membawa perangkat ke pusat perbaikan laptop pilihan masing-masing.

Comment