No icon

news

Bupati Lanny Jaya : Kita Harus Bersyukur karena Seluruh Masyarakat Menikmati Dana Otsus

Poros.news - Pemerintah Pusat telah memutuskan untuk memberikan dana Otonomi Khusus Provinsi Papua dan Papua Barat dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2021 (RAPBN 2021) yakni sebanyak Rp 7,8 triliun. 

Secara kumulatif, dana Otsus dan DTI untuk Papua dan Papua Barat naik dari Rp12 triliun pada anggaran penyesuaian 2020 menjadi Rp12,2 triliun pada 2021. Peningkatan sejalan dengan kenaikan pagu DAU Nasional tahunan.

"Dengan adanya DTI tersebut diharapkan sekurang-kurangnya dalam waktu 25 tahun sejak tahun 2008 seluruh kabupaten/kota, distrik atau pusat-pusat penduduk lainnya dapat terhubungkan dengan transportasi darat, laut, dan/atau udara yang berkualitas," seperti dikutip dari Nota Keuangan RAPBN 2021.

Menyikapi hal itu, Bupati Lanny Jaya menyambut dengan gembira dan rasa syukur yang sangat mendalam. Karena dana otsus tersebut sangat membantu masyarakat Papua. 

"Di Lanny Jaya, yang pertama makan uang otsus itu seluruh masyarakat dan seluruh pelajar yang ada di Lanny Jaya," ucap Bupati Lanny Jaya saat peringatan HUT RI ke-75 di Kantor Bupati Lanny Jaya. 

Diketahui juga jika pada saat acara tersebut, Bupaty Lanny Jaya juga mengungkapkan bahwa penggunaan dana otsus sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. 

"Kita pegawai negeri tidak makan uang otsus, semua uang otsus kita berikan kepada masyarakat langsung," ucap Bupati Lanny Jaya. 

Bupati Lanny Jaya juga menyatakan jika tidak ada pelanggaran dana otsus yang terjadi di Papua, khususnya yang ada di Lanny Jaya. 

"Tidak ada pelanggaran dana otsus, apabila ada yang mengatakan itu, saya tegaskan kepada seluruh orang yang ada di dunia bahwa hal tersebut tipu (tidak benar)," ucap Bupati Lanny Jaya. 

Terutama, lanjut Bupati Lanny Jaya, uang otsus yang Rp 30 miliar itu langsung dijadikan program 1 juta per kepala keluarga (KK). Jadi, lanjut Bupati Lanny Jaya, yang makan adalah masyarakat. 

"Di pendidikan, kurang lebih ada Rp 25 miliar langsung menjadi bantuan mahasiswa. Uang itu sudah dibagikan dan diserahkan sesuai aturan yang berlaku," tegas Bupati Lanny Jaya. 

Di sini saya mau mengajak, lanjut Bupati Lanny Jaya, kepada seluruh orang khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Lanny Jaya bahwa kita selalu bersyukur kepada Tuhan atas setiap anugerah dan dana otsus yang sudah kita terima. 

"Bersyukur karena Republik Indonesia ini ada, bersyukur benar-benar dan kami semua sudah menikmati nikmat yang sudah diberikan itu," ucap Bupati Lanny Jaya. 

Selain itu, lanjut Bupati Lanny Jaya, apabila ada orang mau tolak ostus padahal mereka juga setiap hari makan dana otsus, maka biarkan saja yang penting kita semua yang ada di sini bisa selalu bersyukur. 

"Saya berani bicara seperti itu karena orang yang bersyukur itu diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa di mana-mana. Dan nanti jika ada orang yang tidak bersyukur itu nanti kering," ucap Bupati Lanny Jaya. 

Comment