Poros News | Terpercaya, Akurat dan Aktual
Politik Politisi dari Partai Ini Divonis 6 Tahun Penjara oleh Majelis Hakim...
Thursday, 30 Apr 2020 02:25 am
Poros News | Terpercaya, Akurat dan Aktual

Poros News | Terpercaya, Akurat dan Aktual

Poros.news - Mantan anggota Komisi IX DPR yakni Sukiman dijatuhi hukuman oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta 6 tahun pidana penjara dan denda sebesar Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. 

Diketahui juga jika politisi dari PAN tersebut telah terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan menerima suap sebesar Rp 2,65 miliar dan 22 ribu dolar AS dari mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabu. Pegunungan Arfak, Papua Barat yaitu Natan Pasomba, Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy dan juga dua rekanan Dinas PU Pegunungan Arfak yakni Nicolas Tampang Allo dan Sovian Lati Lipu. 

Tak hanya itu saja, Sukiman juga terbukti telah menerima suap bersama-sama Kasie Perencanaan DAK Fik Kemenkeu yakni Rifa Surya dan Tenaga Ahli DPR dari Fraksi PAN yakni Suherlan. 

Mereka semua, memiliki tujuan yang sama yakni meloloskan anggaran dari APBN Perubahan tahun anggaran (TA) 2017 dan APBN TA 2018 untuk Kab. Pegunungan Arfak.

"Menyatakan terdakwa Sukiman terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi," kata Ketua Majelis Hakim Sunarso.

Penting juga untuk diketahui jika Majelis Hakim juga menjatuhkan hukuman tambahan terhadap Sukiman yakni kewajiban membayar uang pengganti sebesar Ro 2,65 miliar dan 22 ribu dolar AS. 

Dan apabila uang pengganti tersebut tak dibayarkan oleh Sukiman, maka Sukiman akan dikenakan hukuman dengan kurungan 1 tahun penjara.