No icon

Politik

Program Kemenag "KITA CINTA PAPUA" Diharapkan Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan...

Poros.news - Fachrul Razi selaku Menteri Agama mengumumkan program baru yang bertema "Kita cinta Papua". Menurut Fachrul, program dari Kementrian Agama tersebut merupakan sebagian dari usaha untuk membangun jembatan kesetiakawanan antara Aceh hingga Papua. 

“Jembatan ini dibangun dengan mengintensifkan dialog tokoh agama lintas kawasan. Sebagai bagian upaya ke sana, Kemenag menggulirkan program Kita Cinta Papua,” kata Fachrul Razi. 

Selain itu, Fachrul Razi juga menjelaskan jika program ini bisa memajukan kualitas pendidikan dan keagamaan di Papua, baik melalui lembaga pendidikan maupun rumah ibadah. Kementerian Agama juga akan memberi beasiswa kepada generasi muda Papua untuk mengikuti pendidikan di berbagai kota di Indonesia.

“Program lainnya adalah memperkokoh hubungan dengan tokoh-tokoh masyarakat tanah Papua,” ujarnya.

Lembaga yang ada di garis terdepan pada program ini adalah Ditjen Bimas Kristen, Ditjen Bimas Katolik, dan Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB. Menurut Fachrul, mereka akan didukung semua jajaran Kemenag di pusat dan daerah serta berkoordinasi dengan semua kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, organisasi keagamaan dan masyarakat, organisasi kemanusiaan dan semua elemen yang peduli Papua.

Untuk melengkapi data awal, Kementerian Agama telah mengundang sejumlah pihak yang pernah bertugas atau memiliki pengetahuan tentang Papua, untuk menggali masukan tentang keadaan sosial dan budaya di sana. 

“Pelaksanaan program ini akan menggunakan anggaran Kementerian Agama,” ujar Fachrul Razi.

Comment