No icon

Budi Gunawan

Luar Biasa, Berdasarkan Survei PolMark Budi Gunawan Mengungguli Sederet Tokoh Politik

Poros.news - Mendekati Pilkada serentak tahun 2018 dan Pilpres 2019, banyak lembaga survei di Indonesia yang menampilkan hasil survei yang telah mereka lakukan.

Beberapa hasil survei terlihat membuat banyak orang terpukau. Bagaimana tidak? Seseorang yang bukan merupakan tokoh politik, berhasil mengalahkan deretan orang yang telah lama berkecimpung di dunia politik. Ya, Budi Gunawan yang didampingkan dengan Presiden RI Joko Widodo sebagai Calon Wakil Presiden unggul tipis dibanding dengan pasangan lain sebagai presiden-wakil presiden.

Lembaga survei PolMark Research Center (PRC) adalah lembaga survei yang menampilkan hasil survei tersebut. Survei tersebut berdasarkan periode 13-25 November 2017.

"Survei ini mencoba memotret preferensi calon pemilih menjelang pemilu 2019," kata CEO PolMark Research Center Eep Saifullah Fatah di Jakarta, Senin (18/12/2017).

Sebanyak 2.600 orang di seluruh Indonesia dilibatkan dalam survei itu serta dalam survei tersebut telah menggunakan metode "Multistage Random Sampling" dengan tingkat kesalahan sebesar 1,9 persen dan taraf kepercayaan 95 persen.

Lebih lanjut Eep juga menjelaskan jika pasangan Jokowi-BG mencapai 65 persen pemilih mengungguli pasangan Jokowi-Muhaimin Iskandar (64 persen), Jokowi-Chairul Tanjung (64,6 persen), Jokowi-Agus Harimurti Yudhoyono (63,5 persen), Jokowi-Gatot Nurmantyo (63,1 persen).

Kemudian disusul Jokowi-Anies Rasyid Baswedan (62,9 persen), sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Gatot Nurmantyo (63,5 persen), Prabowo-Chairul Tanjung (58,0 persen) atau Prabowo-Zulkifli Hasan (57,1 persen).

Survei tingkat popularitas dan kesukaan masyarakaf terhadap para tokoh menjelang Pilpres 2019 menunjukkan Jokowi, Jusuf Kalla (JK), Megawati dan Prabowo Subianto mencapai 90 persen.

Bisa diambil kesimpulan jika saja Pilpres dilaksanakan pada saat ini, secara spontan Jokowi meraih 41 persen dan Prabowo sebesar 15,9 persen, sebagai calon presiden beberapa nama lain bermunculan namun angkanya jauh di bawah "Undecided Voters" sekitar 35,8 persen.

PolMark juga mensurvei tingkat kepuasaan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi mencapai 75,8 persen dan Wakil Presiden sebesar 69,1 persen yang didominasi pembangunan infrastruktur.

Eep menuturkan masyarakat memilih pasangan calon presiden karena kriteria tegas dan berwibawa sebesar 22,8 persen, merakyat dan peduli pada masyarakat (21,4 persen) dan mempunyai visi kerakyatan (13 persen).

Comment