No icon

Health

Dubes China untuk RI Tegaskan Virus Corona Belum Darurat untuk Global namun Sebisa Mungkin Dilakukan Pencegahan

Poros.news - China sudah melakukan komunikasi khusus terkait virus corona yang saat ini membuat banyak orang di dunia resah. 

Diketahui juga jika menurut Dubes China untuk Indonesia Xiao Qian, berdasarkan rapat darurat WHO, virus corona belum dikategorikan sebagai situasi darurat global.

"Kita tetap berkomunikasi dengan WHO dan WHO telah mengadakan rapat darurat. Namun, WHO belum menyatakan situasi ini sebagai situasi darurat global, tidak," kata Xiao Qian. 

Meski demikian, kata Xiao Qian, pihaknya akan tetap berkomunikasi dengan WHO untuk menganalisa penyebab munculnya virus tersebut. Pihak pemerintah China juga akan menjalin kerjasama untuk mendapatkan solusi penanganan virus yang pertama kali muncul di wilayah Wuhan itu.

"Kami bekerja sama dengan WHO melalui data dan teknologi untuk menemukan solusi dan analisis. Kami juga bekerja sama dengan komunitas internasional, khususnya WHO, apa yang harus dilakukan," jelasnya.

Xiao Qian juga berjanji akan tetap menjalin komunikasi dengan pemerintah Indonesia tentang perkembangan virus corona. Termasuk soal penanganan dan persebaran virus tersebut.

"Kita yakin, kita berdua (Indonesia dan China) bisa bersama-sama mengontrol situasi ini. Kita juga sudah jelaskan ke pemerintah Indonesia mengenai situasi terkini, apa yang kita lakukan, sehingga bersama-sama kita bisa melawan virus ini," ucap Xiao Qian.

Xiao Qian juga memastikan, hingga saat ini, pemerintah China masih bisa mengontrol situasi di Kota Wuhan, termasuk dengan membatasi akses transportasi dari dan ke wilayah tersebut. Sehingga, diharapkan virus corona tersebut tidak menyebar lebih luas.

"Kita masih bisa mengontrol warga di sana. Jadi warga dari Wuhan tidak meninggalkan Wuhan, orang-orang dari daerah lainnya tidak ke Wuhan. Transportasi publik akan kami kontrol dalam batas waktu yang belum ditentukan," pungkasnya.

Comment